Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah

Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah – Sebagian besar orang tidak mau memasang CCTV karena proses instalasinya yang rumit. Padahal, cara pasang CCTV sebetulnya sangat mudah lho.

Penggunaan CCTV pun menjadi kian populer dibeberapa tahun terakhir ini. Banyak orang yang memilih CCTV guna meningkatkan keamanan di sekitar rumah juga menjaga orang-orang tersayang maupun barang-barang berharga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah

Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah

Akan jadi bisa lebih tenang dalam beraktivitas. Karena, terdapat bantuan alat pemantau yang siap merekam setiap sudut rumah dan lingkungan sekitar selama 24 jam nonstop.

Hunian akan terasa lebih aman dari kemungkinan tindakan kejahatan dan dapat membantu mempermudah proses penyelidikan ke pihak yang berwajib apabila memang terjadi.

Akan tetapi, banyak orang yang kerap kebingungan untuk memutuskan menggunakan CCTV, bukan karena harga tapi justru proses pemasangan yang dianggap rumit.

Namun kenyataannya, Anda bisa melakukan instalasi alat pemantau dengan mudah sendiri di rumah tanpa perlu bantuan teknisi.

3 tips memilih CCTV yang tepat

Sebelum mulai belajar cara pasang CCTV, ada baiknya untuk kamu mengetahui tips memilih CCTV yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Sesuaikan dengan budget
Dengan semakin meningkatnya permintaan produk CCTV di pasar otomatis menjadikan variasi yang ditawarkan pun jadi lebih beragam.

Aspek harga tentunya memainkan peran penting yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik sebelum membeli agar sesuai dengan budget yang disiapkan.

Harga CCTV akan ditentukan oleh spesifikasi yang ditawarkan,.

Mulai dari resolusi hasil rekaman, chipset perangkat bawaan, sampai fitur tambahan seperti koneksi Wi-Fi dan akses melalui perangkat seluler.

Semakin canggih, pastinya harga juga akan semakin mahal.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan CCTV

2. Letak pemasangan
Selain untuk fungsi keamanan, setiap orang memiliki alasannya masing-masing untuk menggunakan CCTV.

Oleh sebab itu, letak pemasangan dari CCTV juga harus diperhitungkan secara matang agar jangkauan pemantauan bisa lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Garansi pembelian
Hal yang tidak boleh sampai terlewat saat ingin membeli CCTV adalah garansi pembelian yang diberikan oleh penjual. Perhatikan apakah penjual memberikan garansi dalam jangka waktu standar, yaitu sekitar 1-2 tahun.

Produk yang ditawarkan dengan garansi lebih dari 2 tahun patut dicurigai. Sebab, kualitasnya bisa saja kurang mumpuni dan memerlukan banyak reparasi serta pengecekan berulang kali.

Cara pasang CCTV sendiri di rumah

Untuk memasang CCTV mandiri di rumah, Anda perlu menyediakan beberapa peralatan pendukung seperti berikut:

  • Bor
  • Palu
  • Tang potong dan penjepit
  • Lakban hitam
  • Obeng min dan plus
  • Rol kabel
  • Tali tis
  • 1 terminal kuningan dengan empat soket
  • 1 steker
  • 2 siku besi
  • Kabel eterna (dengan panjang sesuai jarak DVR ke stop kontak rumah)

Langkah-langkah cara pasang CCTV

  1. Hitunglah jarak dari DVR dan CCTV dengan titik yang sudah ditentukan supaya sesuai dengan panjang kabel yang diperlukan saat membeli.
  2. Mintalah bantuan penjual untuk mengetes kabel dengan tester untuk meminimalisir masalah seperti kabel putus yang dapat mengganggu saat proses pemasangan.
  3. Pastikan produk CCTV beserta DVR yang kamu pilih sesuai dengan keperluan.
  4. Saat kamu membeli, pastikan untuk meminta bantuan pemasangan hardisk sebagai tempat penyimpanan data hasil rekaman beserta sekaligus setting DVR supaya kamu hanya tidak perlu kerepotan saat instalasi.
  5. Persiapkan kabel CCTV dengan panjang 50 cm, lalu sambungan dengan konektor. Setelah itu tinggal hubungkan kamera CCTv dengan DVR beserta monitor. Jangan lupa untuk mengecek kualitas gambar sudah tampil dengan jelas untuk mengetahui jika ada kerusakan pada kamera CCTV yang akan dipasang.
  6. Pasang rangkaian kabel telah menempel dengan rapi dan tidak berantakan sebelum kamu memotongnya. Tujuannya agar kabel memiliki panjang yang cukup untuk menghubungkan antara kamera dengan perangkat DVR.
  7. Terakhir tinggal hubungkan DVR ke monitor dan nyalakan.

Cara pasang CCTV di rumah ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan, bukan? Namun jika Anda tidak memiliki waktu karena kesibukan pekerjaan, tidak ada salahnya jika memanggil Jasa Pasang CCTV Bandung yang akan selalu siap membantu Anda dengan berbagai paket CCTV dengan harga murah.

Untuk tanya tanya dulu sebelum memakai jasa kami, jangan ragu dan sungkan silahkan hubungi langsung no 0819 3121 3334 yang akan siap membantu Anda untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
WhatsApp